Thursday, June 22, 2006

My Progression Learning Jits, part 2

Hai kawan-kawan. Saat ini saya ingin sharing tentang metode I (Introduction, Isolation dan Integration). Blog lalu saya sudah membicarakan Introduction dan Isolation, maka kini adalah saatnya membicarakan Integration.

Integration adalah suatu proses akhir dari metode tersebut yang akan membuat kita dapat melakukan teknik bertarung secara reflek dalam keadaan sebenarnya. Bila kita melihat kembali ke Introduction dan Isolation. Disana anda belajar menguasai setiap teknik dari posisi-posisi Jits tertentu. Seperti bagaimana melakukan,mount, side control, dll dan juga bagaimana cara berpindah dari satu posisi ke posisi yang lain beserta kuncian dan cekikan apa yang bisa dilakukan dari setiap posisi.

Kedua proses tersebut juga dilakukan untuk melatih Escapes dari berbagai macam posisi seperti mount, head and arm, 69, side control, dan lain-lain. Setelah cukup jam terbang latihan isolasi dari setiap posisi dilakukan, proses integrasi mulai kita jalankan. Biasanya proses integrasi ini dilakukan dengan sparring bebas.

Bila kita merekam sparring ini, kita akan dapat menonton kembali permainan grappling kita. Dari sinilah kita akan dapat melihat dan mengetahui performance kita. Bagian posisi mana dari grappling performance kita yang kita sudah melakukannya dengan baik, dan bagian mana yang tidak kita lakukan dengan baik.

Setelah mengetahui kekuatan dan kelemahan kita, kita harus kembali lagi ke metode latihan isolasi untuk memperkuat kelemahan kita (contohnya: memperkuat cara escapes kalau kita terkena posisi mount)dan juga melakukan repetisi dan isolasi teknik kita yang kita sudah kuat agar kita menemukan cara kombinasi dan setup yang baik.

Tiga metode ini sangat baik dipakai bagi pemula guna mempercepat proses pembelajaran mereka dan mempraktekkan secara cepat apa yang sudah mereka pelajari. Selanjutnya, saya akan membicarakan bagaimana caranya menambah kombinasi serangan dan teknik lebih baik lagi yang dimulai dari repetisi dan cara bekerja dengan partner anda.

Selamat mencoba. Yuri, yamadin@indo.net.id

5 Comments:

Blogger RMunadji said...

nah, kalo begini enak nih dibacanya. Gak pusing.... tapi kenapa website jkdi-nya gak bisa dibuka bos? kok larinya ke site lain?

11:57 PM  
Blogger Yuri Amadin said...

Her, tks sudah komentar, iya nih, webistenya lagi abis nama domainnya, udah dibilang ke webmaster untuk dibetulin,tapi belum. Aku juga lagi kesel. Terima kasih ya.

5:27 PM  
Blogger Farman said...

Hi Yuri, saya baru 2 bulan belajar BJJ dan perlu sparring partner untuk melatih teknik2 dasar, apakah ada saran gimana bisa dapat partner untuk melatih/ mengulang gerakan2 bjj? Txs atas sarannya..farman gunawan..email: farmangunawan@gmail.com

8:38 AM  
Blogger Farman said...

Hi Yuri, nama saya Farman dan baru belajar Bjj 2 bulan, ingin saran gimana bisa dapat teman latihan untuk mengulang teknik2 bjj..txs atas sarannya.. Email: farmangunawan@gmail.com

8:40 AM  
Blogger Farman said...

Hi Yuri, saya baru 2 bulan belajar BJJ dan perlu sparring partner untuk melatih teknik2 dasar, apakah ada saran gimana bisa dapat partner untuk melatih/ mengulang gerakan2 bjj? Txs atas sarannya..farman gunawan..email: farmangunawan@gmail.com

8:40 AM  

Post a Comment

<< Home