Sunday, February 18, 2007

Developing Submissions in Grappling

Hi kawan semua, kali ini saya ingin berbicara tentang bagaimana membangun senjata submissions seperti kuncian dan cekikan dalam melakukan submission grappling atau BJJ. Saya akan menceritakan progress yang saya alami tentang bagaimana saya melakukannya.

Bila anda membaca artikel saya mengenai metode "I" anda akan tahu bahwa langkah pertama dalam mempelajari BJJ adalah menguasai posisi-posisinya. Karena dasar dari BJJ adalah "position first before submissions". Oleh karena itu menguasai positional escapes adalah sangat penting sebelum anda masuk ke submissions.

Setelah anda nyaman dengan escapes dan cara mengepin lawan dari atas, barulah disini anda mencari tahu submissions apa saja yang high percentage dari setiap posisi. Biasanya untuk pemula, kuasailah submissions dari posisi mount, side control, 69, guard bawah, half guard top dan half guard bottom. Cari tahu dan pelajari caranya secara benar tentang bagaimana melakukannya. Anda harus memiliki sedikitnya 3 submissions di setiap posisi.

Setelah tahu cara melakukannya, lakukan repetisi berkali-kali per teknik minimum 20-30 kali pengulangan. Hal ini dilakukan supaya anda tidak lupa dan bisa melakukannya secara otomatis. Kemudian carilah submission kombinasi dari setiap posisi dan latihlagi seperti diatas. contohnya untuk guard submissions anda bisa menggabungkan antara armbar, triangle dan omplata atau kimura.

Hal ini akan membantu anda secara baik pada saat anda sparring nantinya. Setelah anda mengulang, lakukan sparring isolasi dan keseluruhan di setiap posisi dengan goal diotak anda untuk melakukan submission. Coba saja, tidak peduli gagal atau tidak, biasanya 7 kali pertama anda akan gagal dan habis itu baru berhasil. Selamat mencoba :)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home